Jumat, 30 Desember 2011

Menggunakan DKU-5 sebagai USB to RS232 Converter


Kabel DKU-5 adalah kabel data ponsel nokia yang biasanya digunakan untuk transfer data dari komputer ke ponsel nokia seri tertentu. Di dalam kabel DKU-5 ini (di ujung bagian yang dekat dengan USB) terdapat rangkaian USB to RS232 Converter yang menggunakan IC PL-2303.
Komunikasi serial microcontroller kebanyakan menggunakan standar RS232, sedangkan ketersediaan port serial (DB9) di komputer (laptop) sudah mulai langka atau bahkan tidak ada lagi. Dengan ketersediaan IC yang bisa digunakan sebagai konverter dari USB ke RS232 seperti FTDI atau Prolific, anda bisa membuat komunikasi microcontroller dengan komputer / laptop anda secara serial melalui port USB layaknya menggunakan port serial biasa (DB9).
Anda tidak perlu lagi membuat rangkaian untuk menggunakan IC USB to RS232 Converter, karena sudah tersedia di dalam kabel data DKU-5. Sebelum menggunakan kabel ini tentunya kita harus mengetahui fungsi kabel-kabel di dalamnya (pinout). Adapun pinout dari kabel DKU-5 adalah sebagai berikut :
Isi dari DKU-5 biasanya terdiri dari 3 kabel atau lebih, namun yang diperlukan hanyalah 3 kabel yakni TX, RX, dan Gnd. Penulis pernah menemukan dua jenis DKU-5 yang memiliki warna kabel yang berbeda, yaitu :
  1. Oranye, Merah, dan Biru
  2. Oranye = Gnd
    Biru  = Rx
    Merah = Tx
  3. Biru, Hitam, dan Putih
Hitam = Gnd
Biru  = Tx
White  = Rx
Anda bisa langsung menghubungkan jalur data DKU-5 (TX dan RX) ke microncontroller anda, karena level tegangan kerjanya adalah TTL 5 Volt.

sumber :http://www.gubukilmu.com

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management
ans!!